Menjadi seorang memang kelihatan mudah, siapapun bisa menjalani profesi tersebut. Profesi yang biasanya dianggap sebagai perkejaan sampingan ini banyak diminati umumnya oleh mahasiswa semester akhir. Disamping dapat mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan di bangku kuliah, dengan menjadai guru privat, mahasiswa juga bisa memperoleh pendapatan tambahan. Karena waktunya yang flexible, profesi ini dapat dilakukan oleh siapa saja yang tentunya memiliki kemampuan. Saat ini banyak sekalai orang yang menekuni profesi tersebut baik dilakukan secara prorangan ataupun tergabung dalam lembaga bimbingan belajar tertentu.

Meski demikian, sebenarnya tidak semua orang bisa menjadi guru les privat. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk dapat menjadi guru privat yang baik. Bagi anda yang tertarik untuk menekuni dunia bimbingan belajar utamanya les privat, ada baiknya memeperhatikan beberapa hal dibawah ini:

  1. Pilihlah bidang study yang kita kuasai utamanya yang sesuai dengan latar belakang pendidikan anda.
  2. Bergabunglah dengan Lembaga Bimbingan Belajar yang dapat dipercaya dan terbukti bisa bekerja sama dengan anda secara jujur dan profesional.
  3. Pahami navigasi dan letak rumah siswa, supaya di pertemuan pertama Anda mengajar private tidak terlambat karena sibuk mencari-cari alamat rumah siswa.
  4. Disiplin dan selalu datang tepat waktu karena masih-masing orang itu mempunyai kepentinga sendiri-sendiri.
  5. Pakailah busana yang baik, rapi, sopan, wangi sesuai dengan budaya kita Indonesia.
  6. Selalu bersikap ramah dan sopan kepada semua orang
  7. Jika anda melanjutkan tugas guru privat yang lain, mintalah materi ke Lembaga Bimbingan Belajar tempat kita bernaung, sebelum kita mulai mengajar privat supaya kita tahu sampai dimana materi siswa saat ini.
  8. Kenalkan diri kita kepada anggota keluarga siswa didik kita.
  9. Perlakukan siswa kita seperti kita memperlakukanadik kita sendiri.
  10. Lakukan pendekatan personal diawal-awal kita mulai berkenalan dengan siswa baru agar suasana menjadi relax dan cair. Mulailah dengan bertanya tentang riwayat murid dll.
  11. Mengajar dengan tenang, santai tapi tetap menjaga kualitas.
  12. Jangan terlalu mendikte siswa, kenali kebutuhan siswa didik kita. Perlakukan siswa sebagai mitra belajar.
  13. Selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengajaran les privat:

  • Perencanaan
    Planning is everything! Rencanakanlah materi pengajaran yang akan diberikan dan kuasailah setiap materi tersebut dengan baik. Kalau perlu hubungi siswa terlebih dahulu untuk membicarakan materi pengajaran yang akan dipelajari di pertemuan selanjutnya. Persiapkan soal-soal yang diperlukan untuk menguji penguasaan siswa terhadap pengajaran yang diberikan.
  • Pelaksanaan
    Jangan lupa jadual mengajar! Hindarilah datang terlambat saat mengajar karena kebiasaan terlambat memberikan citra buruk di hadapan siswa dan orang tuanya. Selain itu, guru adalah “teladan” bukan “telatan”, nanti muridnya ikut-ikutan jadi “murid telatan”, wah apa kata dunia?? :) Mulailah dengan berdoa, karena doa adalah senjata orang-orang yang beriman, betul apa benar?? Buatlah suasana cair dengan siswa, serius tapi santai, santai tapi serius. Selingi pengajaran dengan humor (tapi jangan lama-lama, nanti dikira pelawak, hihi :) ) ). Prioritaskan pengajaran terhadap materi-materi yang belum dipahami siswa, sehingga pengajaran bersifat fleksible, tidak harus selalu terpaku pada kurikulum sekolah, tapi juga tidak terlalu melenceng dari kurikulum tersebut. Jika ada pekerjaan sekolah, sebaiknya dibahas bersama-sama, tidak dikerjakan sendiri oleh pengajar. Tujuannya supaya siswa dapat belajar memecahkan soal-soal yang ditugaskan oleh gurunya di sekolah. Berikan kesempatan siswa untuk bertanya. Jika siswa tidak juga bertanya, maka berilah ia pertanyaan untuk menguji sejauh mana pemahaman siswa sebelum pengajaran. Berikan pembahasan terhadap materi-materi pelajaran yang tidak dimengerti oleh siswa.
  • Evaluasi
    Setelah pengajaran berakhir, sebaiknya guru menguji pemahaman siswa terhadap pengajaran yang baru saja diberikan, baik lisan maupun tulisan tergantung kondisi yang ada.
    Jika jam belajar sudah berakhir, jangan lupa pulang.. jangan mentang-mentang serasa di rumah sendiri!  :) ) Akhiri dengan berdoa saja, lalu wassalam..! :-h

SEMOGA BERHASIL..! :)

Ok mudah-mudahkan bermanfaat…

share from:

http://www.insanmadaniinstitute.com dan http://centraprivate.wordpress.com

Iklan