Keutamaan Qiyamul Lail menurut al Quran

1.       ? dan pada sebagian malam hari , sholat tahajudlah kamu sebagai suatu tambahan bagimu, semoga Rabb-mu mengangkatmu ke tempat yang terpuji ?(al-isra? : 79 )

2.       ?sesungguhnya orang- orang yang bertakwa berada dalam taman- taman surga dan di mata air seraya mengambil apa yang diberikan kepada mereka oleh Rabb mereka. Sesungguhnya orang ?orang itu sebelumnya telah berbuat baik di dunia. Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam dan di akhir- akhir malam mereka meminta ampun kepada Allah ? (adz- dzariyat : 15- 18 )

3.       ? dan hamba ?hamba Allah yang Maha Penyayang itu ialah orang ?prang yang berjalan di atas bumi dengan rendah dan apabila orang- orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata- kata yang baik. Dan orang yang melewatkan malam harinya dengan bersujud dan berdiri untuk Rabb mereka.? ( al-Furqon : 63-64 )

Keutamaan Qiyamul Lail menurut Sunnah

1.       Sahabat Al Farisi r.a berkata rasulullah saw bersabda : ? hendaklah kamu melakukan qiyamullail, karena itu ada;lah kebiasan orang ?orang saleh sebelum kamu dapat mendekatkan kamu kepada Rabb-mu , menghapus keburukan ? keburukan , mencegah dari perbuatan dosa , dan mengusir penyakit dari tubuh. ?

2.       Sahabat Sahal bin Saad r.a. berkata , Rasulullah didatangi malaikat Jibril dan berkata kepadanya : ?Hai Muhammad , hiduplah engkau sesukamu, namun engkau akan tetap mati. Berbuatlah sesukamu, namun engkau pasti diganjar , dan cintailah siapa yang engkau sukai , namun engkau pasti berpisah dengannya. Ketahuilah kemuliaan seorang mukmin tergantung dari sholat malamnya, dan kehormatannya tergantung dari ketidakbutuhannya kepada orang lain. ? (HR. Thabrani )

3.       Sahabat Abdullah bin Muslim berkata , aku mendengar rasul bersabda : ?Wahai manusia, sebarluaskanlah ucapan salam, berikanlah santunan makanan , hubungkanlah tali silaturahmi, dan kerjakannlah sholat malam pada saat orang- orang lain sedang tidur, niscaya kalian masuk surga dengan tenteram.? (HR Al-Hakim, ibnu Majah , dan Tirmidzi )

4.       Sabda Nabi Saw: ? tiga orang yang diridloi Allah yaitu orang yang bangun pada tengah malam dan sholat, suatu kaum yang bershaf untuk sholat , dan suatu kaum yang berbaris untuk berperang. ? (HR Abu Ya?la)

Niatkanlah tuk bangun di tengah malam sesaat sebelum tidur. Insya Allah kita pasti bisa bangun buat sholat OK ?? Semangat. ^_^

Sesungguhnya amal itu tergantung dari niatnya. Barangsiapa yang berniat secara jujur kepada Allah maka Allah Swt akan memberikan kemudahan kepada kita. Sesungguhnya diantara satu kesulitan diapit oleh dua kemudahan. Sungguh- sungguh dan istiqomah adalah kunci kesuksesan.

<kmikers>

Iklan