PKP

PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL (PKP) PDGK 4501

Oleh

MUH ROSYID, S.Pd.,M.M.Pd.

Guru Profesional:

Mampu menguasai materi dengan baik
Mampu mengajarkannya dengan baik
Mampu menilai kinerjanya sendiri

Bagaimana Cara untuk Menilai Kinerja Sendiri?

Apa itu PTK?

Penelitian (Research) , sebuah pengkajian ilmiah yang dilakukan melalui prosedur yang sistematis / metodologi.
Tindakan (Action), sebuah perbuatan yang dilakukan dengan sengaja.
Kelas (Classroom). Sekelompok siswa yang belajar dari guru yang sama, pada saat yang sama, pada materi yang sama.

Penelitian Tindakan Kelas, adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar siswa meningkat.

Dari definisi di atas kita menjadi tahu:

Siapa yang melakukan penelitian?
Dimana penelitian itu dilakukan?
Bagaimana caranya?
Apa tujuannya?

Bagaimana Pelaksanaannya?

Penelitian Tindakan Kelas merupakan proses pengkajian berdaur yang dilakukan dalam empat tahapan yaitu:

Apa Arti Bersiklus/Berdaur?

Kapan Perencanaan untuk siklus berikutnya dibuat?

Jika perbaikan sebelumnya belum sampai pada indikator kinerja.
Sebelum melakukan penelitian.

Sebelum melakukan penelitian.

Apa Bedanya dengan penelitian formal?

No

PTK

Penelitian Formal

1

Berorientasi pada proses dan hasil.

Berorientasi pada hasil.

2

Tidak mengenal istilah populasi dan sampel.

Ada populasi dan sampel.

3

Dilakukan melalui sebuah proses pengkajian berdaur/bersiklus (bukan untuk membuktikan teori).

Tidak mengenal daur atau siklus, hanya terbukti atau tidak (untuk membuktikan teori?).

4

Objek penelitian diri sendiri.

Objek penelitian orang lain.

5

Untuk Penerapan praktis

Untuk pengembangan ilmu pengetahuan

Kelemahan PTK dibanding penelitian formal

Validitasnya rendah
Tidak bisa digeneralisasikan

Sistematika Proposal PTK

JUDUL

PENGESAHAN (jika perlu)

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

B. Perumusan Masalah

C. Tujuan Penelitian

D. Manfaat Penelitian

II. TINJAUAN PUSTAKA

A. Kajian Teori

B. Kerangka Berpikir

C. Hipotesis Tindakan

III. METODE PENELITIAN

A. Setting Penelitian

B. Subjek Penelitian

C. Data dan Sumber Data

D. Teknik Pengumpulan Data

E. Validitas Data

F. Teknik Analisis Data

G. Indikator Kinerja/Keberhasilan

H. Prosedur Penelitian

DAFTAR PUSTAKA

SISTEMATIKA LAPORAN PTK

Bagian Awal

LEMBAR JUDUL PENELITIAN

LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN

ABSTRAK

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

DAFTAR TABEL (JIKA ADA)

DAFTAR GAMBAR (JIKA ADA)

DAFTAR LAMPIRAN

Bagian Pokok

Bab I : PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah
Perumusan Masalah
Tujuan Penelitian
Manfaat Penelitian

Bab II : TINJAUAN PUSTAKA

Kajian Teori
Hasil Penelitian Relevan
Kerangka Berpikir
Hipotesis Tindakan

BAB III : METODE PENELITIAN

Setting Penelitian
Subjek Penelitian
Data dan Sumber Data
Teknik Pengumpulan Data
Validitas Data
Teknik Analisis Data
Indikator Kinerja
Prosedur Penelitian

BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Pelaksanaan Penelitian
Siklus I
Perencanaan
Tindakan
Pengamatan
Refleksi

2. Siklus II

Perencanaan
Tindakan
Pengamatan
Refleksi

3. dst.

Hasil Penelitian
Siklus I
Perencanaan
Tindakan
Pengamatan
Refleksi

2. Siklus II

Perencanaan
Tindakan
Pengamatan
Refleksi

3. dst.

C. Pembahasan Hasil Penelitian

BAB V : SIMPULAN DAN SARAN

Simpulan
Saran

Bagian Akhir

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

JUDUL

Masalah, alternatif penyelesaian masalah, hasil yang diharapkan, dan tempat dimana penelitian itu dilakukan.

PENERAPAN STRATEGI KOMPOSISI TERKENDALI DAN TERARAH

UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS

DI KELAS VI SD NEGERI SRUWENG 01

TAHUN PELAJARAN 2010/2011

atau

PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS MELALUI

PENERAPAN STRATEGI KOMPOSISI TERKENDALI DAN TERARAH

DI KELAS VI SD NEGERI SRUWENG 01

TAHUN PELAJARAN 2010/2011

PERUMUSAN MASALAH

Dalam rumusan masalah harus menggambarkan proses dan hasil.

Bagaimanakah penerapan strategi komposisi terkendali dan terarah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD N Sruweng 01 dalam menulis?
Apakah penerapan strategi komposisi terkendali dan terarah dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis di kelas VI SD N Sruweng 01?
Apakah penerapan strategi komposisi terkendali dan terarah dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD N Sruweng 01 dalam menulis?

Tujuan

Tujuan Umum :

Tujuan Khusus:

Untuk mendeskripsikan penerapan strategi komposisi terkendali dan terarah pada peningkatan kemampuan siswa kelas VI SD N Sruweng 01 dalam menulis.
Untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis di kelas VI SD N sruweng 01 melalui penerapan strategi komposisi terkendali dan terarah.
Untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD N Sruweng 01 dalam menulis melalui penerapan strategi komposisi terkendali dan terarah.

Diskusi

Harus berapa siklus?
Apakah materi harus sama untuk tiap siklusnya?
Bolehkah PTK dilakukan di luar jadwal?
PTK-nya berapa mapel?

>>>http://www.rosyid.info