PKP
PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL (PKP) PDGK 4501
Oleh
MUH ROSYID, S.Pd.,M.M.Pd.
Guru Profesional:
Mampu menguasai materi dengan baik
Mampu mengajarkannya dengan baik
Mampu menilai kinerjanya sendiri
Bagaimana Cara untuk Menilai Kinerja Sendiri?
Apa itu PTK?
Penelitian (Research) , sebuah pengkajian ilmiah yang dilakukan melalui prosedur yang sistematis / metodologi.
Tindakan (Action), sebuah perbuatan yang dilakukan dengan sengaja.
Kelas (Classroom). Sekelompok siswa yang belajar dari guru yang sama, pada saat yang sama, pada materi yang sama.
Penelitian Tindakan Kelas, adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar siswa meningkat.
Dari definisi di atas kita menjadi tahu:
Siapa yang melakukan penelitian?
Dimana penelitian itu dilakukan?
Bagaimana caranya?
Apa tujuannya?
Bagaimana Pelaksanaannya?
Penelitian Tindakan Kelas merupakan proses pengkajian berdaur yang dilakukan dalam empat tahapan yaitu:
Apa Arti Bersiklus/Berdaur?
Kapan Perencanaan untuk siklus berikutnya dibuat?
Jika perbaikan sebelumnya belum sampai pada indikator kinerja.
Sebelum melakukan penelitian.
Sebelum melakukan penelitian.
Apa Bedanya dengan penelitian formal?
No
PTK
Penelitian Formal
1
Berorientasi pada proses dan hasil.
Berorientasi pada hasil.
2
Tidak mengenal istilah populasi dan sampel.
Ada populasi dan sampel.
3
Dilakukan melalui sebuah proses pengkajian berdaur/bersiklus (bukan untuk membuktikan teori).
Tidak mengenal daur atau siklus, hanya terbukti atau tidak (untuk membuktikan teori?).
4
Objek penelitian diri sendiri.
Objek penelitian orang lain.
5
Untuk Penerapan praktis
Untuk pengembangan ilmu pengetahuan
Kelemahan PTK dibanding penelitian formal
Validitasnya rendah
Tidak bisa digeneralisasikan
Sistematika Proposal PTK
JUDUL
PENGESAHAN (jika perlu)
I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Perumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
II. TINJAUAN PUSTAKA
A. Kajian Teori
B. Kerangka Berpikir
C. Hipotesis Tindakan
III. METODE PENELITIAN
A. Setting Penelitian
B. Subjek Penelitian
C. Data dan Sumber Data
D. Teknik Pengumpulan Data
E. Validitas Data
F. Teknik Analisis Data
G. Indikator Kinerja/Keberhasilan
H. Prosedur Penelitian
DAFTAR PUSTAKA
SISTEMATIKA LAPORAN PTK
Bagian Awal
LEMBAR JUDUL PENELITIAN
LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN
ABSTRAK
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL (JIKA ADA)
DAFTAR GAMBAR (JIKA ADA)
DAFTAR LAMPIRAN
Bagian Pokok
Bab I : PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Perumusan Masalah
Tujuan Penelitian
Manfaat Penelitian
Bab II : TINJAUAN PUSTAKA
Kajian Teori
Hasil Penelitian Relevan
Kerangka Berpikir
Hipotesis Tindakan
BAB III : METODE PENELITIAN
Setting Penelitian
Subjek Penelitian
Data dan Sumber Data
Teknik Pengumpulan Data
Validitas Data
Teknik Analisis Data
Indikator Kinerja
Prosedur Penelitian
BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Pelaksanaan Penelitian
Siklus I
Perencanaan
Tindakan
Pengamatan
Refleksi
2. Siklus II
Perencanaan
Tindakan
Pengamatan
Refleksi
3. dst.
Hasil Penelitian
Siklus I
Perencanaan
Tindakan
Pengamatan
Refleksi
2. Siklus II
Perencanaan
Tindakan
Pengamatan
Refleksi
3. dst.
C. Pembahasan Hasil Penelitian
BAB V : SIMPULAN DAN SARAN
Simpulan
Saran
Bagian Akhir
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
JUDUL
Masalah, alternatif penyelesaian masalah, hasil yang diharapkan, dan tempat dimana penelitian itu dilakukan.
PENERAPAN STRATEGI KOMPOSISI TERKENDALI DAN TERARAH
UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS
DI KELAS VI SD NEGERI SRUWENG 01
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
atau
PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS MELALUI
PENERAPAN STRATEGI KOMPOSISI TERKENDALI DAN TERARAH
DI KELAS VI SD NEGERI SRUWENG 01
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
PERUMUSAN MASALAH
Dalam rumusan masalah harus menggambarkan proses dan hasil.
Bagaimanakah penerapan strategi komposisi terkendali dan terarah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD N Sruweng 01 dalam menulis?
Apakah penerapan strategi komposisi terkendali dan terarah dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis di kelas VI SD N Sruweng 01?
Apakah penerapan strategi komposisi terkendali dan terarah dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD N Sruweng 01 dalam menulis?
Tujuan
Tujuan Umum :
Tujuan Khusus:
Untuk mendeskripsikan penerapan strategi komposisi terkendali dan terarah pada peningkatan kemampuan siswa kelas VI SD N Sruweng 01 dalam menulis.
Untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis di kelas VI SD N sruweng 01 melalui penerapan strategi komposisi terkendali dan terarah.
Untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD N Sruweng 01 dalam menulis melalui penerapan strategi komposisi terkendali dan terarah.
Diskusi
Harus berapa siklus?
Apakah materi harus sama untuk tiap siklusnya?
Bolehkah PTK dilakukan di luar jadwal?
PTK-nya berapa mapel?
ASSalamualailum Wbk…… dengan ini saya sampaikan bahwa masalah Perbedaan PTK dan PKP saya masih bingung, untuk itu tolong berikan penjelasan yang singkat padat dan jelas. sebelumnya terima kasih.
PTK yang saya kenal sebagai skripsi pada FKIP yang banyak dipakai sampai tahun 2012. jadi dalam skripsi itu kita meneliti suatu model pembelajaran yang di terapkan dikelas, yang diteliti seperti aktivitas dan respon siswa.
semoga membantu