Salah satu cabang dari keimanan adalah sabar. Tidak memiliki sifat ini kecuali orang-orang yang besungguh sungguh melatihnya. Dan tidak ada balasan lain bagi pemilik sifat ini selain surga. Surga merindukan orang-orang yang sabar.

Tata Cara Melatih Kesabaran :

1. Biasakan dirimu untuk mendoakan dengan ikhlash dan sungguh-sungguh sampai meneteskan airmata, mereka yang telah : merugikanmu, memfitnahmu, menganggumu, menyinggung dan menyakitkan hatimu, menceritakan atau membuka aib-aibmu, dan membuatmu muak, dengan doa yang sebaik-baiknya. Misalnya :
~ “Ya Alloh, berilah taufiq dan hidayahMU, umur yang panjang, harta yang melimpah, kesehatan yang baik, kedudukan yang kokoh dan anak-cucu yang pandai kepada si fulan / fulanah”.
~ Apabila dia muslim maka tambahkanlah dengan : “Ya Alloh, Ampunilah segala dosa-dosanya”.

2. Apabila dijambret, kecopetan, kemalingan, ditipu, sedangkan barang-barang tersebut atau uang tersebut tidak ada hubungannya dengan perjuangan Islam, maka berdoalah :
~ “Ya Alloh, semoga yang mendapatkan barang / uang saya tersebut menjadi orang yang ada gunanya untuk Islam”.
~ Kemudian ucapkanlah : “Inna Lillahi Wa inna Ilaihi Roji’un”.

3. Apabila engkau sangat lapar dan haus kemudian dihidangkan kepadamu makanan dan minuman yang kamu gemari dengan penuh keramahan, maka janganlah tergesa-gesa memakan dan meminumnya sebelum berdoa :
~ “Ya Alloh, jadikanlah hamba orang yang pandai mensyukuri nikmat-nikmatMU”.
~ “Ya Alloh, dari energi yang ada pada hidangan ini jadikanlah hamba orang yang kuat memperjuangkan agamaMU. Jadikan hamba penerus misi para Nabi, Para Rosul dan Para wali-waliMU”.
~ “Ya Alloh, Jika di dalam makanan dan minuman ini ada racun, virus, bibit-bibit penyakit jasmani dan rohani, ada santet dan guna-gunanya, maka hamba benar-benar berlindung diri kepadaMU”.
~ Kemudian berdoalah : “Allohumma baariklana fima rozaktana waqina ‘adzabannar”

Demikianlah. Mari berlatih bersama-sama.
Semoga Alloh SWT memasukkan kita pada golongan orang-orang yang sabar. Amiin

Thanks for share

Iklan